Sabtu, 04 Juni 2011

Jasa Bangsa Indonesia Dimata Malaysia & Singapura

Orang Indonesia yang menjadi Perdana Menteri Malaysia



Hampir 80% keturunan Melayu di Malaysia adalah keturunan orang Indonesia. Mereka berasal dari berbagai wilayah, seperti Padang, Aceh, Sumatera Utara, Jambi,

Palembang, Jawa, Madura, Bawean, dan Bugis. Kesuksesan Malaysia dibangun juga oleh orang-orang perantauan asal Indonesia yang turut menyulap negara yang bergantung pada karet itu menjadi negara maju dengan topangan sektor jasanya yang cemerlang, seperti Pariwisata, Perbankan, serta sektor Pendidikan. Pembangunan gedung Petronas juga melibatkan orang-orang Indonesia. . Presiden Soeharto pernah mengirim ribuan guru, dokter, dan perawat ke Malaysia pada awal tahun 1970-an. Banyak pula dosen dari Indonesia yang diminta mengajar di Malaysia. Ada banyak orang Indonesia dan keturunannya yang akhir sukses di Malaysia. Bintang film legendaris Malaysia, P. Ramlee, misalnya, adalah anak Aceh yang sukses di Malaysia. Ada lagi penyanyi slow rock yang beralih menjadi penyanyi dangdut, yakni Iwan, adalah orang Medan. Penyanyi pria yang sedang naik daun, yaitu Mawi, merupakan keturunan Jawa. Rais Yatim adalah Mentri Penerangan dan Kebudayaan Malaysiayang menghabiskan masa kecilnya di Sawahlunto, Sumatera Barat, yang memang dibangun oleh orang Minang. Boleh jadi, tidak banyak yang tahu bahwa PM Najib Tun Razak adalah Perdana Menteri Malaysia ke-6, yang merupakan keturunan orang Indonesia. Keluarganya berasal dari Gowa, Sulawesi, dan menetap di Pahang. Sebelumnya, ayahnya juga pernah menjadi PM (Perdana Menteri) Malaysia ke-2.


Presiden Pertama Singapura adalah orang Indonesia





Yusof bin Ishak adalah Presiden pertama, dan satu-satunya keturunan Melayu sepanjang sejarah Singapura. Ayahnya berasal dari Minangkabau, sedangkan Ibunya adalah orang Langkat. Yusof bin Ishak lahir di Perak, Malaysia, pada 12 Agustus 1910. Yusof merupakan anak sulung dalam sebuah keluarga beranggotakan sembilan orang. Pada 3 Desember 1959, Yusof dilantik sebagai Kepala Negara Singapura Pertama Pada 9 Agustus 1965, taktala Singapura keluar dari Federasi Malaysia dan merdeka, statusnya berubah menjadi Presiden. Ia meninggal pada 23 November 1970 di Singapura. Wajah Yusof diabadikan pada pecahan –pecahan uang kertas Singapura.


Orang Indonesia sebagai Pencipta Lagu Kebangsaan Singapura




Zubir Said (lahir di Bukittinggi, 22 Juli 1907 – meninggal di Singapura, 16 November 1987 pada umur 80 tahun) adalah seorang penggubah musik untuk film dan sekaligus pencipta lagu kebangsaan Singapura, "Majulah Singapura". Ia dipercaya telah menggubah lebih kurang 1.000 buah lagu.PESERTA PELATIHAN MEDIA CORP ASAL Indonesia terperangah dengan penjelasan Menteri Negara Senior Urusan Luar Negeri Singapura, Zainul Abidin Rasheed. Di tengah kunjungan peserta pelatihan ke Istana Kampong Gelam Singapura, Senin, Zainul yang berdiri di samping sebuah patung manusia menjelaskan asal-usul patung tersebut. Menurut Zainul, itulah patung Zubir Said, pencipta lagu kebangsaan Singapura yang berasal dari Indonesia (Minang).

Kantor berita Antara, sayangnya tak menjelaskan bagaimana keterkejutan para peserta pelatihan asal Indonesia mendengar penjelasan Zainul itu kecuali hanya mengutip pernyataan Zainul. Menurut Zainul, Zubir Said telah memberikan kontribusi yang sangat berarti atau fundamental bagi Singapura yang didiami warga negara dari multi bangsa. Itu saja.
Bagi sebagian orang termasuk para peserta pelatihan itu, informasi Zainul mungkin memang mengejutkan meskipun berita itu sudah lama diketahui oleh sebagian yang lain. Dua tahun lalu, dalam acara yang sama yang juga mengundang peserta dari Indonesia, Zainul sebetulnya juga sudah menjelaskan hal serupa. Namun penjelasan Zainul tak terlalu menarik perhatian orang, rupanya, hingga muncul berita seperti di Antara pada 12 Mei 2008.

Siapa Zubir Said? Lahir di Bukit Tinggi pada 22 Juli 1907, Zubir adalah anak dari Mohamad Said bin Sanang. Zubir baru berusia 7 tahun ketika ibunya meninggal dunia. Saudaranya berjumlah delapan; 3 laki-laki dan 5 perempuan. Sejak masa kanak, bakat Zubir bermain musik sudah terlihat ketika dia misalnya diketahui sangat piawai memainkan suling, gitar dan drum. Tak ada yang mengajari Zubir melainkan semuanya merupakakan bakat alam.
Sebelum merantau ke (pulau) Singapura pada 1928, Zubir diketahui pernah bersekolah di Belanda. Panggilan hatinya untuk bermusik, membuatnya meninggalkan Belanda meskipun pilihannya itu ditentang oleh sang ayah. Di Singapura, dia bergabung dengan Grup Bangsawan, sebuah kelompok opera yang para pemainnya berasal dari bangsa Melayu. Di kelompok itu Zubir tak bertahan lama, karena dia kemudian memutuskan bekerja untuk perusahaan rekaman His Master’s Voice pada 1936. Di perusahaan itulah, Zubir bertemu dengan Tarminah Kario Wikromo, perempuan Jawa yang dikenal sebagai penyanyi keroncong yang pada 1938 dipinangnya sebagai istri.

Zubir sebetulnya sempat pulang dan menetap kembali di Bukit Tinggi setelah menikah. Dia baru kembali ke Singapura pada 1941 dan terus menetap di sana hingga meninggal pada 1987. Masa kedua kehidupannya di Singapura, dia lewatkan dengan bekerja pada surat kabar Utusan Melayu sebagai fotografer dan penulis paruh waktu. Tujuannya semata agar dia punya kesempatan lebih banyak untuk bermain musik dan menuliskannya di surat kabar.
Karir musik Zubir mulai mentereng ketika pada 1957, untuk kali pertama karya musiknya dipentaskan untuk umum di Victoria Teater. Pada tahun berikutnya, Dewan Kota Singapura menetapkan salah satu komposisi Zubir sebagai lagu resmi kota Singapura. Lagu berjudul Majulah Singapura itulah yang belakangan kemudian ditetapkan menjadi lagu kebangsaan Singapura ketika negara itu merdeka pada 9 Agustus 1965.

Sebelum kemerdekaan Singapura itu, Zubir sudah mencipta beberapa lagu termasuk untuk soundtrack film yang dibuat oleh Cathay Keris. Salah satu lagu yang dibuat Zubir untuk film Dang Anom bahkan memenangi penghargaan Festival Film Asia ke-9 di Seoul, Korea Selatan pada 1962. Beberapa komposer dan pengamat musik menilai karya Zubir sebagai lagu Melayu yang sebenarnya karena musiknya banyak berkaitan dengan sejarah dan nilai-nilai Melayu terutama Minang dan membangkitkan semangat kebangsaan pada 1950.

Sebelum penyakit kuning menderanya hingga dia meninggal pada 16 November 1987, Zubir diketahui telah membuat karya musik hingga 1.500 judul. Lagu-lagu itu belum seluruhnya dipublikasikan karena Zubir terlalu serius mengajar seniman-seniman muda tentang seni musik daripada mengurusi rekaman lagu-lagunya. Lagu-lagu ciptaan Zubir yang terkenal antara lain, Sang Rembulan, Sayang Disayang, Cinta, Selamat Berjumpa Lagi, Nasib Malang, Anak Daro, Setangkai Kembang Melati, dan Kumang dan Rama-Rama.

Sejak 2003, pemerintah Singapura merenovasi Istana Kampong Gelam. Itulah istana peninggalan Sultan Ali, anak Sultan Hussein Shah dari Kesultanan Johor-Riau, yang dibuat pada lebih kurang 167 tahun silam. Sebelum diresmikan sebagai museum dan dibuka untuk umum pada 4 Juni 2005, renovasi istana menelan Sin $ 17 juta. Zainul adalah wakil ketua Yayasan Warisan Malaysia yang antara lain membawahi Istana Kampong Gelam. Istana yang terletak di Taman Warisan Melayu Singapura itulah, antara lain dipajang patung Zubir Said.
Setiap tahun, Singapura mengundang para wartawan termasuk dari Indonesia untuk mengunjungi istana tersebut tapi rupanya wartawan dari Indonesia yang kali ini datang ke sana, baru kali ini tahu bahwa pencipta lagu kebangsaan Singapura Majulah Singapura adalah Zubir Said, orang Indonesia berdarah Minang. Belum ada penjelasan, apakah Zubir meninggal sebagai warga negara Singapura, atau tetap berkebangsaan Indonesia.


Jadi menurut saya kalau Malaysia menghina Indonesia itu udah keterlaluan banget.

----------------------------------------------------------------
----------------------------------------------------------------
Bonus *****

9 komentar:

  1. Emang indonesia mental budak..pantas untuk di hina..sampai sekarang pun saya orang bugis belum mau akui kalo aku orang indonesia

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang malay$1a maling budaya, tak malu cakap macam itu.
      Saya orang malay$!@ malu....
      Indonesia memang hebat.

      Hapus
    2. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

      KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


      KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.






      KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

      KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


      KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


      Hapus
    3. Bugis Memang Pengkhianat.....Sudah Ada nomer 2 pun Kau tetap mengkhianati Bumi asalmu...........Sunda Sudah Lama Di Sakiti Ethnis2 Di Indonesia... ( 1) Di hinakan Orang Jawa...... ( 2) Tersingkir Oleh minang.......( 3 ) Di Tendang Dari Kursi Kabinet Oleh Bugis.............. Kalian Semua Memang Pengkhianat,Walau Aku benci Satu Negara Dengan kalian.Tapi Tak mau Jadi Pengkhianat Macam Kalian

      Hapus
  2. indonesia hebat
    salam dari budak melayu jambi

    BalasHapus
  3. knpa ya orang malay$1a maling budaya Indonesia???
    aturannya mereka harus malu.
    Dasar maling.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kenapa indon maling bahasa melayu??? kenapa indon jawanesia maling sumatera??? dasar jawanesia biawak

      Hapus
  4. assalamualaikum wr, wb.KI saya:PAK suryo .dan SEKELUARGA mengucapkan banyak2
    terimakasih kepada AKI sukro atas angka togel yang di
    berikan “4D” alhamdulillah ternyata itu benar2 jebol dan berkat
    bantuan AKI sukro saya bisa melunasi semua hutang2 orang tua saya yang
    ada di BANK dan bukan hanya itu KI alhamdulillah sekarang saya
    sudah bisa bermodal sedikit untuk mencukupi kebutuhan keluarga saya
    sehari2. itu semua berkat bantuan KI sukro sekali lagi makasih banyak
    yah KI … yang ingin merubah nasib seperti saya hubungi AKI sukro di
    nomor: (((_081 242 333 760 )))
    dijamin 100% jebol saya sudah buktikan…sendiri….
    Apakah anda termasuk dalam kategori di bawah ini !!!!
    1?Dikejar-kejar hutang
    2?Selaluh kalah dalam bermain togel
    3?Barang berharga anda udah habis terjual Buat judi togel
    4?Anda udah kemana-mana tapi tidak menghasilkan solusi yg tepat
    5?Udah banyak Dukun togel yang kamu tempati minta angka jitunya
    tapi tidak ada satupun yang berhasil..
    Solusi yang tepat jangan anda putus aza…Ki sukro akan membantu
    anda semua dengan Angka ritwal/GHOIB:
    butuh angka togel 2D_3D_4D SGP / HKG / MALAYSIA / TOTO MAGNUM / dijamin 100% jebol
    Apabila ada waktu
    silahkan Hub: AKI sukro DI NO: (((_081 242 333 760_)))
    angka GHOIB: singapur 2D/3D/4D/
    angka GHOIB: hongkong 2D/3D/4D/
    angka GHOIB; malaysia
    angka GHOIB; toto magnum 4D/5D/6D/
    angka GHOIB; laos

    BalasHapus
  5. Di malaysia Ada. Minang, Aceh, Sumatera Utara, Jambi, 
    Palembang, Jawa, Madura, Bawean,Batak dan Bugis.

    Tapi Hanya 1 Yang Tak Ada yaitu SUNDA
    .
    .
    Jikalau Ada "Jangan Jadi Pengkhianat Macam Orang2 diatas " .
    Sunda Tak Seperti Mereka Semua. SUNDA walau Ada Di Nomer 2 Setelah Jawa,Tetapi Kita Selalu Dihinakan dan Diremehkan Oleh Mereka Semua.Tak Terbayang Dari Semua Ethnis Yang Dudul Di Parlemen Indonesia, Sunda Hanya Mendapat 0,6% Sahaja.Semenjak Orang Minang Menjatuhkan Perdana Mentri Terakhir Indonesia ( Orang Sunda ).Tak Ada Lagi Ethnic Sunda Di Kabinet Indonesia.......
    ..
    ..
    SUNDA selalu Di Sakiti Ethnic Lain di indonesia.
    ( 1) dihinakan Dan Direndahkan Orang Jawa dan Batak.......( 2 ) Di Singkirkan Dari Kursi Indonesia Oleh Minang..........
    ( 3) Di Tendang Oleh Bugis Dari Posisi Penting.
    Padahal SUNDA Lebih Banyak Jasanya Dari Mereka Berempat........Bahkan Bali Saja Menganggap Kita Ini Rendahan...................
    .
    .
    Untuk Kalian Ethnis Asal Indo Di Malesia,Satu Kata Untuk Kalian...... " Dasar Pengkhianat " ........
    .
    .
    Sudah Ada Di Negri Serumpun Bukan Membanggakan,Kalian Malah Menghinakan Indonesia........
    .
    .
    Walau Aku Membenci dan Cinta Indonesia Tetapi Aku Tak akan Jadi Macam Kalian....
    ....
    .
    .

    BalasHapus