blog iseng2iseng
Ocean Blue Flame

Selasa, 19 Februari 2013

Kaki Gajah, Cacing Filaria

Penyakit Kaki Gajah adalah penyakit menular yang ditularkan oleh berbagai jenis nyamuk, penyebab utama nya adalah cacing Filaria, penyakit ini bersifat kronis (permanen) apabila tidak segera diobati.
Penyakit ini tidak mematikan namun dapat membuat rasa malu dan menghambat aktivitas sehari-hari.
Cacing Filaria (Wuchereria bancrofti)adalah penyebab penyakit kaki gajah. Berbentuk benang yang panjang dan berukuran sangat kecil.
Daur Hidup Cacing Filaria
Filaria hidup dipembuluh darah di kaki. Jika sudah banyak jumlahnya, dapat menyumbat aliran pembuluh darah sehingga kaki menjadi bengkak. Pada saat dewasa, cacing ini bertelur lalu menetas menjadi cacing berukuran kecil yang disebut mikrofilaria. Selanjutnya, mikrofilaria beredar di dalam darah. Larva ini dapat berpindah ke peredaran darah kecil di bawah kulit. Jika pada waktu itu ada nyamuk yang menggigit, maka larva tersebut menembus dinding usus nyamuk ,masuk ke otot dada nyamuk, setelah mengalami pertumbuhan, larva ini akan masuk ke alat penusuk. Jika nyamuk itu menusuk seseorang, maka orang itu akan tertular penyakit ini, dan seterusnya. Cacing ini dapat ditularkan oleh banyak jenis nyamuk, maka Filaria dapat menular dengan cepat.
Gejala-gejala akut
-Demam berulang-ulang selama 3-5 hari, demam dapat hilang bila istirahat dan muncul lagi setelah bekerja berat -Pembengkakan kelenjar getah bening (tanpa ada luka) didaerah lipatan paha, ketiak (lymphadenitis) yang tampak kemerahan, panas dan sakit -Radang saluran kelenjar getah bening yang terasa panas dan sakit yang menjalar dari pangkal kaki atau pangkal lengan kearah ujung (retrograde lymphangitis) -Filarial abses akibat seringnya menderita pembengkakan kelenjar getah bening, dapat pecah dan mengeluarkan nanah serta darah -Pembesaran tungkai, lengan, buah dada, buah zakar yang terlihat agak kemerahan dan terasa panas (early lymphodema)
Lalu gejala kronis nya adalah tungkai, lengan, buah dada, buah zakar membengkak Pencegahan
-membersihkan lingkungan (tempat nyamuk berkembang-biak) -membersihkan makanan dengan baik -memakai alas kaki -menjaga kesehatan -pengecekan rutin ke puskesmas/rumah sakit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar